Resep Martabak Mini Cara Membuat Martabak Manis

Martabak manis dan martabak mini, kedua makanan tersebut memang makanan yang sangat cocok untuk menemai waktu santai Anda. Bersama dengan kopi maupun teh, cemilan ini akan membuat waktu santai Anda makin menyenangkan. Jika Anda ingin membuat sendiri panganan ini, ada beberapa resep martabak mini dan martabak manis yang bisa Anda coba. Dengan berbagai macam resep yang ada, Anda tentu saja bisa membuat martabak manis dan martabak mini dengan rasa dan toping yang bervariasi. Daripada penasaran, Anda langsung simak ulasan mengenai resep martabak tersebut sebagai berikut.

Resep Martabak Mini Manis

Resep Martabak Mini Cara Membuat Martabak Manis

Untuk resep pertama, Anda bisa mencoba resep martabak mini yang satu ini. Sebenarnya, resep ini sama seperti resep martabak dengan ukuran normal. Hanya saja, yang membedakan martabak ini ialah ukurannya saja. Karena ini adalah martabak mini, cetakan yang digunakan pun cetakan martabak mini (jika Anda belum memilikinya bisa order online disini). Sebelum membuatnya, Anda harus menyiapkan berbagai bahan yang diperlukan seperti bahan utama dan bahan pelengkap.

Bahan utama:

– tepung terigu 125 gram
– gula pasir 60 gram
– telur ayam 1 butir
– garam 1 sdt
– baking powder 1/2 sdt
– vanili 1 sdt
– susu cair 250 ml
– minyak goreng/ 2 sdm

Bahan pelengkap:

– Mentega
– Susu kental manis
– Gula
– Coklat
– Kacang
– Keju

Kemudian, cara pembuatan resep martabak manis mini cukup simple. Hal pertama yang harus Anda lakukan ialah memanaskan cetakan martabak mini tersebut yang sebelumnya telah diolesi dengan mentega. Sambil menunggu cetakan martabak mini tersebut panas, Anda siapkan adonan martabak mininya. Anda cukup campurkan telur, gula, vanili dan garam ke dalam wadah lalu kocok rata saja jangan sampai mengembang. Lalu, masukkan tepung terigu yang telah disiapkan dan aduk rata kembali. Setelah tercampur dengan rata, Anda masukkan susu cair sedikit demi sedikit agar adonan benar-benar telah tercampur dengan baik. Lalu, Anda masukkan minyak dan aduk sebentar sebelum ditambahkan dengan baking powder.

Jika adonan martabak mini tersebut telah dibuat dan cetakan pun telah panas, maka saatnya Anda masukkan adonan tersebut ke dalam cetakan yang telah disiapkan. Saat awal pemanggangan, Anda gunakanlah api yang sedang. Tuanglah adonan ke dalam cetakan dan pada bagian pinggirnya, Anda ratakan agar nantinya martabak mini Anda mempunyai bagian pinggir yang crispy. Jika adonan yang dituang telah muncul gelembung kecil, maka saatnya Anda mengecilkan api yang kemudian Anda bisa taburkan gula di atas adonannya. Setelah itu, Anda tinggal tutup cetakan dan tunggu hingga adonan matang. Apabila telah matang, Anda bisa angkat martabak mini tersebut dan langsung berikan olesan mentega ditambah dengan taburan coklat, keju serta susu kental manis, dan martabak mini pun siap untuk dihidangkan.

Resep Martabak Mini Ketan Hitam

resep martabak mini ketan hitam

Jika Anda ingin mencoba resep martabak lainnya, Anda bisa mencoba resep martabak ketan hitam ini. Seperti yang kita tahu jika biasanya, martabak hanya terbuat dari tepung terigu dan bahan lainnya tanpa ditambahkan bahan lain yang membuat rasa adonan martabak berbeda. Namun, agar makin bervariasi, penambahan ketan hitam ini bisa menjadi ide yang menarik untuk dicoba. Lantas, bagaimana cara membuat martabak manis dengan ketan hitam ini? Untuk Anda yang penasaran dan ingin mencoba resep baru martabak manis, Anda bisa langsung simak penjelasannya yang ada di paragraf berikut.

Untuk membuat resep unik martabak manis ini, pastinya ada bahan-bahan yang harus Anda siapkan seperti:

– tepung terigu 100 gram
– tepung kanji 50 gram
– tepung ketan hitam 150 gram
– gula pasir 80 gram
– telur 1 butir
– air 250 ml

Selain bahan di atas, Anda pun harus siapkan bahan-bahan lainnya yaitu:

– telur 2 butir
– baking powder 1/2 sdt
– soda kue 1 sdt
– air 100 ml

Jika Anda telah siapkan semua bahan yang diperlukan di atas, kini saatnya Anda buat adonan martabak manisnya dengan langkah-langkah sebagai berikut. Langkah yang pertama ialah Anda campurkan saja semua bahan pertama yang telah Anda siapkan. Aduk rata semua bahan dengan menggunakan kocokan telur, lalu diamkan adonan tadi selama 1 jam. Sambil menunggu, Anda campurkan bahan kedua yang telah disiapkan yaitu air, baking soda dan soda kue. Setelah diaduk rata, sisihkan. Setelah 1 jam didiamkan, kini saatnya adonan pertama dicampurkan dengan bahan lainnya yaitu telur 2 butir, dan aduk rata kembali sebelum Anda masukkan campuran baking powder, soda kue dan air tadi ke dalam adonan yang pertama.

Apabila adonan martabak tersebut telah siap dipanggang, maka Anda kemudian siapkan teflon atau juga cetakan martabak mini. Anda olesi cetakan tersebut dengan mentega dan panaskan cetakan. Setelah panas, Anda bisa masukkan adonan martabak tersebut. Panggang hingga keluar gelembung, lalu Anda tutup cetakannya. Jika telah matang, Anda bisa angkat martabak yang matang dan olesi permukaannya dengan margarin yang kemudian bisa Anda taburi dengan toping sesuai dengan selera Anda.

Itulah resep martabak mini manis dan juga resep martabak mini ketan hitam yang bisa Anda coba di rumah. Kedua resep tersebut sebenarnya bisa Anda gunakan untuk membuat martabak mini maupun martabak manis biasa. Yang harus Anda lakukan dalam hal ini ialah Anda siapkan cetakan martabak sesuai dengan keinginan anda, apakah Anda akan membuat martabak manis biasa atau martabak mini. Untuk Anda yang tidak mempunyai cetakan martabak manis biasa, Anda bisa juga gunakan teflon. Sedangkan untuk cetakan martabak mini, cetakan bikang pun bisa Anda gunakan karena ukurannya yang hampir sama.

Kemudian, Anda pun bisa memvariasikan resep martabak mini atau martabak manis yang ada. Pertama, Anda bisa lakukan variasi terhadap adonan martabak tersebut. Selain ketan hitam, Anda bisa tambahkan pandan atau coklat ke dalam adonan agar Anda dapatkan warna dan adonan martabak yang makin banyak. Selain adonannya, bagian toping inilah yang paling sering divariasikan. Jika kita sering lihat toping martabak hanya berkutat antara susu, coklat, keju dan kacang saja, kini Anda bisa ganti toping dari resep martabak mini atau pun martabak manis biasa dengan oreo yang diremukkan, choco chips, buah pisang atau bahkan buah lainnya. Dengan bervariasinya toping yang ada, pastinya Anda bisa dapatkan martabak manis dan martabak mini yang unik sehingga Anda tidak akan bosan dengan rasa dan penampilan dari kedua jenis martabak tersebut. Bukan hanya itu saja, dengan banyaknya variasi martabak yang dibuat, maka Anda bisa manfaatkan resep tersebut untuk usaha cemilan yang menarik.

Jadi, dua resep di atas tentu saja bisa Anda coba di rumah. Resep martabak mini dan martabak manis yang simple dan cara pembuatan yang mudah, tentu tidak akan membuat Anda kesulitan untuk membuat panganan yang satu ini.